Jumat, 31 Agustus 2012

PENGENALAN SEO

PENGENALAN SEO

Di zaman dimana penggunaan internet semakin berkembang, metode bisnispun telah mengalami pergeseran. Saat ini, banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan internet untuk memasarkan barang maupun jasa mereka secara maya.
Meski penjualan dengan menggunakan sarana internet memiliki jangkauan yang lebih luasdan kesempatan yang lebih besar, namun tingkat persaingannya juga sangat tinggi. Untuk mempromosikan suatu produk atau jasa yang dijual secara offline atau yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari, pengaruh media iklan serta melakukan promosi dengan menggunakan brosur, televisi, radio, majalah serta koran sangat berperan penting. Sedangkan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa melalui internet, ada banyak cara yang sering dilakukan oleh para pelaku bisnis diantaranya dengan mendapatkan peringkat yang cukup tinggi untuk suatu website di search engine, menggunakan iklan berbayar, serta masih banyak lagi cara yang lainnya.
Sebelum mempelajari lebih jauh tentang bagaimana caranya agar suatu website mendapatkan peringkat yang cukup tinggi di search engine maka sebelumnya Anda harus memiliki sebuah website terlebih dahulu. Dalam mempromosikan produk atau jasa Anda dengan menggunakan sarana internet, keberadaan suatu website mutlak diperlukan. Website adalah tempat dimana Anda dan calon pembeli melakukan komunikasi. Seorang pengunjung menjelajahi internet dengan harapan dapat menemukan solusi atau informasi yang mereka butuhkan. Tugas website Anda adalah memberikan solusi atau informasi yang dibutuhkan tersebut. Oleh karena itu semakin lengkap dan relevan informasi yang disediakan website Anda dengan informasi atau solusi yang dibutuhkan oleh pengunjung, maka akan semakin baik serta meyakinkan pengunjung website untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Sebagai contoh, misalkan seseorang membutuhkan informasi tentang bagaimana caranya melatih seekor anjing di rumah. Apa yang dipikirkan atau yang akan dilakukan oleh orang tersebut untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan? Orang tersebut pasti akan mencari informasi yang dibutuhkan dengan menggunakan internet. Apabila orang tersebut menemukan website Anda dan membaca informasi-informasi yang lengkap serta mendetail di website Anda tentang cara melatih seekor anjing, maka dapat dipastikan orang tersebut akan mengikuti semua petunjuk yang Anda berikan termasuk membeli buku tentang tips-tips melatih seekor anjing yang pada saat itu sedang Anda tawarkan. Anda tinggal menyediakan link dimana pengunjung website dapat membeli buku tersebut.
Setelah Anda membuat website atau blog, maka yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mempromosikan blog Anda tersebut agar dikunjungi oleh banyak pengunjung yang memang tertarik untuk melihat bahkan membeli produk-produk atau jasa yang Anda tawarkan. Ada banyak metode atau cara yang dapat Anda pergunakan untuk mempromosikan blog Anda, dan salah satu cara yang sangat efektif serta tidak memerlukan biaya adalah dengan memanfaatkan search engine. Search engine merupakan salah satu cara yang paling efektifkarena hampir 90% pengguna internet mencari data atau informasi yang sedang dibutuhkan di internet melalui search engine.
Search engine adalah sebuah mesin pencari informasi yang berbasis web yang dirancang untuk menyediakan data-data di internet. Dulu ada ratusan search engine di internet, akan tetapi karena persaingan yang sangat ketat akhirnya hanya tinggal beberapa search engine saja yang bertahan :

Berikut adalah data statistik penggunaan search engine pada tahun 2012 mulai pada bulan Januari hingga bulan April :

Pada saat pengunjung melakukan pencarian melalui search engine dengan menggunakan kata kunci tertentu atau yang biasa disebut keyword, maka search engine akan melakukan pencarian berkas-berkas atau data-data dari berbagai situs web, baik data yang berupa text, gambar, video maupun data audio. Search engine kemudian akan memberikan hasil berupa daftar halaman web yang memiliki informasi atau data yang paling sesuai dengan yang dicari pengunjung tersebut.
Hasil yang diperoleh pada umumnya akan ditampilkan dalam bentuk daftar yang diurutkan berdasarkan algoritma dari masing-masing search engine. Masing-masing search engine memiliki algoritma yang berbeda-beda dan pada saat ini search engine Google adalah search engine yang paling banyak atau paling sering dipergunakan oleh pengguna internet. Daftar hasil pencarian yang dihasilkan search engine tersebut biasanya dikenal sebagaiSERP yaitu Search Engine Result Page yang berarti halaman hasil pencarian search engine.
Apabila website Anda bisa berada di peringkat teratas atau paling tidak di halaman pertama hasil pencarian Google (pada umumnya tiap halaman hasil pencarian akan memuat 10 halaman website), maka website Anda akan mendapatkan banyak pengunjung. Mengapa? Karena sebagian besar pengunjung search engine akan mencari informasi atau data yang dibutuhkan pada halaman pertama saja dan kemudian akan mencoba mencari informasi atau data yang dibutuhkan dengan menggunakan keyword yang lainnya. Jarang sekali seseorang mencari informasi atau data yang dibutuhkan hingga ke halaman kedua, ketiga, dst.
Berikut adalah data statistik kemungkinan pengunjung search engine membuka halaman pertama, kedua, ketiga, keempat dan seterusnya :

Jadi, langkah awal yang harus Anda lakukan untuk mempromosikan produk atau jasa Anda melalui internet adalah membuat suatu blog/website. Tetapi sebelum Anda membuat suatu blog atau website, Anda harus terlebih dahulu menentukan topik apa yang hendak Anda bahas di website atau blog tersebut atau yang lebih spesifik - keyword apa yang hendak Anda bidik. Pemilihan keyword yang baik adalah langkah awal yang penting dalam menentukan arah website/blog Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar